Skip to main content

10 Contoh Fa'il Isim Mabni beserta Artinya

Table of Content [ ]
10 Contoh Fa'il Isim Mabni beserta Artinya - Isim mu'rab dan isim mabni adalah pembagian isim yang dilihat dari sisi harakat akhirnya. Dalam redaksi yang mudah dipahami, isim mu'rab adalah isim yang harakat terakhirnya tidak tetap. Sedangkan isim mabni sebaliknya isim mu;rab, yakni isim yang harakat terakhirnya tetap meskipun kedudukannya berubah-ubah.

Secara umum, isim mabni ada 6 macam, yaitu isim dhamir, isyarah, syarat, istifham, maushul, dan isim fi'il. Akan tetapi, masih ada lagi selain ke enam macam isim mabni yang telah disebutkan, yaitu isim adad dan sebagian dari isim dharaf.

Baca juga: Syibhul Mudni / Faktor Kemabnian Isim

Jumlah isim mabni ini tentu lebih sedikit dibandingkan isim mu'rab. Meskipun dalam hal kuantitas isim mabni masih di bawah isim mu'rab, tapi tidak dalam hal filosofisnya. Namun, bukan itu yang akan kami sampaikan pada artikel kali ini. Pada kesempatan ini kami hanya akan menyampaikan mengenai 10 contoh fa'il isim mabni, dengan harapan sedikit memberi kemudahan kepada para pembaca memahami isim mabni. Berikut contoh-contohnya.

1. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Qur'an Surat Al-Baqarah 2:14 :

وَإِذَا لَقُوا الَّذِينَ آمَنُوا قَالُوٓا آمَنَّا وَإِذَا خَلَوْا إِلَىٰ شَيَٰطِينِهِمْ قَالُوٓا إِنَّا مَعَكُمْ إِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِؤُنَ

Artinya: Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: "Kami telah beriman". Dan bila mereka kembali kepada syaithan-syaithan mereka, mereka mengatakan: "Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok". (Al Baqarah 2:14)

2. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Kalimat Sehari-hari :

تَكَوَّنَ هَذَا الطَّعَامِ مِنَ المَوَادِّ الغِذَائِيَّةِ

Artinya: "Makanan ini terdiri dari bahan-bahan yang bergizi".

3. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Kalimat Sehari-hari :

يَحْتَوِيْ هَذَا الكِتَابِ عَلَى قِصَصِ الأَنْبِيَاءِ

Artinya: "Buku ini berisi kisah-kisah para nabi".

4. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Kalimat Sehari-hari :

يَعْقِدُ هَذَا المُغَنِّيُ مُعْزُوْفَةً فِي بَعْضِ المُدُنِ

Artinya: "Penyanyi ini mengadakan konser di beberapa kota".

5. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Qur'an Surat Al-Baqarah 2:113 :

وَقَالَتِ اليَهُودُ لَيْسَتِ النَّصَٰرَىٰ عَلَىٰ شَىْءٍ وَقَالَتِ ٱلنَّصَٰرَىٰ لَيْسَتِ اليَهُودُ عَلَىٰ شَىْءٍ وَهُمْ يَتْلُونَ ٱلْكِتَٰبَ ۗ كَذَٰلِكَ قَالَ ٱلَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ مِثْلَ قَوْلِهِمْ ۚ فَاللَّهُ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ القِيَٰمَةِ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ

Artinya: "Dan orang-orang Yahudi berkata: "Orang-orang Nasrani itu tidak mempunyai suatu pegangan", dan orang-orang Nasrani berkata: "Orang-orang Yahudi tidak mempunyai sesuatu pegangan," padahal mereka (sama-sama) membaca Al Kitab. Demikian pula orang-orang yang tidak mengetahui, mengatakan seperti ucapan mereka itu. Maka Allah akan mengadili di antara mereka pada hari Kiamat, tentang apa-apa yang mereka berselisih padanya". (Al Baqarah 2:113)

6. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Kalimat Sehari-hari :

هٰذِهِ الْمَرَّةَ أُرِيْدُ أَنْ تَكُوْنَ أَنْتَ الْفَائِزَ

Artinya: "Kali ini, saya ingin kamu yang jadi pemenangnya".

7. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Qur'an Surat Al-Baqarah 2:258 :

أَلَمْ تَرَ إِلَى ٱلَّذِى حَآجَّ إِبْرَٰهِيمَ فِى رَبِّهِ أَنْ آتَىٰهُ اللَّهُ المُلْكَ إِذْ قَالَ إِبْرَٰهِيمُ رَبِّىَ ٱلَّذِى يُحْىِي وَيُمِيتُ قَالَ أَنَا أُحْىِي وَأُمِيتُ ۖ قَالَ إِبْرَٰهِيمُ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَأْتِى بِٱلشَّمْسِ مِنَ ٱلْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ ٱلْمَغْرِبِ فَبُهِتَ ٱلَّذِى كَفَرَ ۗ وَٱللَّهُ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Artinya: "Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan: "Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan," orang itu berkata: "Saya dapat menghidupkan dan mematikan". Ibrahim berkata: "Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," lalu terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim". (Al Baqarah 2:258)

8. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Qur'an Surat An-Nisa 4:169 :

إِلَّا طَرِيقَ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًا ۚ وَكَانَ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرًا

Artinya: "kecuali jalan ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah". (An-Nisa 4:169)

9. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Qur'an Surat Al-Baqarah 2:213 :

وَٱللَّهُ يَهْدِى مَن يَشَآءُ إِلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Artinya: "Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus". (Al Baqarah 2:213)

10. Contoh Fa'il Isim Mabni dalam Kalimat Sehari-hari :

لَنْ يَخْسَرَ مَنِ اسْتَثْمَرَ عُمْرَهُ بِطَلَبِ الْعِلْمِ أَبَدًا

Artinya: "Tidak akan pernah rugi orang yang investasikan umurnya untuk menuntut ilmu".

Baca juga: 10 Contoh Isim Mabni dalam Al-Qur'an

Itulah 10 contoh isim mabni lengkap dengan artinya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar