Skip to main content

Kitab Jurumiyah Bab Kalam (Kalimat)

Table of Content [ ]

:قَالَ المُصَنِّفُ – رَحِمَهُ اللّهُ –

Sudah berkata pengarang kitab ini (As-Syaikh As-Shonhaji) rohimakumullah:

بَابُ الكَلَامِ

Bab Kalam

الكَلَامُ: هو اَللَّفْظُ المُرَكَّبُ المُفِيدُ بِالْوَضْعِ. وَأَقْسَامُهُ ثَلَاثَةٌ: اِسْمٌ، وَفِعْلٌ، وَحَرْفٌ جَاءَ لِمَعْنًى

Pengertian Kalam

Kalam (kalimat) menurut istilah ulama nahwu merupakan lafadz yang sudah tersusun, memberi kefahaman dan dengan bahasa Arab. Komponen-komponen kalam ada tiga macam, yakni: isim, fi'il dan huruf yang mempunyai makna.

فَالِاسْمُ يُعْرَفُ: بِالْخَفْضِ، وَالتَّنْوِينِ، وَدُخُولِ الأَلِفِ وَاللَّامِ. وَحُرُوفِ الخَفْضِ، وَهِيَ: مِنْ، وَإِلَى، وَعَنْ، وَعَلَى، وَفِي، وَرُبَّ، وَالْبَاءُ، وَالْكَافُ، وَاللَّامُ, وَحُرُوفُ القَسَمِ، وَهِيَ: الوَاوُ، وَالْبَاءُ، وَالتَّاءُ

Tanda-tanda Isim

Isim dapat dikenali dengan adanya tanda khafadh (jer), tanwin, dan masuknya huruf alif lam. Huruf khafadh (jer) yaitu: min (مِنْ), ila (إِلَى), an (عَنْ), ala (عَلَى), fi (فِي), rubba (رُبَّ), ba' (الْبَاءُ), kaf (الْكَافُ), dan lam (اللَّامُ). Huruf Qosam (sumpah) yaitu: wawu (و), ba' (ب), dan ta' (ت).

.وَالفِعْلُ يُعْرَفُ: بِقَدْ، وَالسِّيْنِ، وَسَوْفَ، وَتَاءِ التَّأْنِيْثِ السَّاكِنَةِ

Tanda-tanda Fi'il

Fi'il dapat dikenali dengan adanya tanda qod (قَدْ), sin (س), saufa (سَوْفَ), dan ta' ta'nits sakinah.

.وَالْحَرْفُ: مَا لَا يَصْلُحُ مَعَهُ دَلِيلُ اَلِاسْمِ وَلَا دَلِيلُ الفِعْلِ

Tanda-tanda Huruf

Adapun huruf ialah sesuatu yang tidak sah bersamanya pertanda isim dan pertanda fi'il.

Baca juga: Kitab Jurumiyah Bab I'rab
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar