Kitab Jurumiyah Bab Kalam (Kalimat)

Daftar Isi

:قَالَ المُصَنِّفُ – رَحِمَهُ اللّهُ –

Sudah berkata pengarang kitab ini (As-Syaikh As-Shonhaji) rohimakumullah:

بَابُ الكَلَامِ

Pengertian Kalam

الكَلَامُ: هو اَللَّفْظُ المُرَكَّبُ المُفِيدُ بِالْوَضْعِ. وَأَقْسَامُهُ ثَلَاثَةٌ: اِسْمٌ، وَفِعْلٌ، وَحَرْفٌ جَاءَ لِمَعْنًى

Kalam (kalimat) menurut istilah ulama nahwu merupakan lafadz yang sudah tersusun, memberi kefahaman dan dengan bahasa Arab. Komponen-komponen kalam ada tiga macam, yakni: isim, fi'il dan huruf yang mempunyai makna.

Tanda-tanda Isim

فَالِاسْمُ يُعْرَفُ: بِالْخَفْضِ، وَالتَّنْوِينِ، وَدُخُولِ الأَلِفِ وَاللَّامِ. وَحُرُوفِ الخَفْضِ، وَهِيَ: مِنْ، وَإِلَى، وَعَنْ، وَعَلَى، وَفِي، وَرُبَّ، وَالْبَاءُ، وَالْكَافُ، وَاللَّامُ, وَحُرُوفُ القَسَمِ، وَهِيَ: الوَاوُ، وَالْبَاءُ، وَالتَّاءُ

Isim dapat dikenali dengan adanya tanda khafadh (jer), tanwin, dan masuknya huruf alif lam. Huruf khafadh (jer) yaitu: min (مِنْ), ila (إِلَى), an (عَنْ), ala (عَلَى), fi (فِي), rubba (رُبَّ), ba' (الْبَاءُ), kaf (الْكَافُ), dan lam (اللَّامُ). Huruf Qosam (sumpah) yaitu: wawu (و), ba' (ب), dan ta' (ت).

Tanda-tanda Fi'il

.وَالفِعْلُ يُعْرَفُ: بِقَدْ، وَالسِّيْنِ، وَسَوْفَ، وَتَاءِ التَّأْنِيْثِ السَّاكِنَةِ

Fi'il dapat dikenali dengan adanya tanda qod (قَدْ), sin (س), saufa (سَوْفَ), dan ta' ta'nits sakinah.

Tanda-tanda Huruf

.وَالْحَرْفُ: مَا لَا يَصْلُحُ مَعَهُ دَلِيلُ اَلِاسْمِ وَلَا دَلِيلُ الفِعْلِ

Adapun huruf ialah sesuatu yang tidak sah bersamanya pertanda isim dan pertanda fi'il.

Nahwu Shorof Online
Nahwu Shorof Online Media belajar bahasa Arab online terbaik, menyajikan materi ilmu Nahwu dan Shorof yang bersumber dari buku dan kitab bahasa Arab.

Posting Komentar