Skip to main content

Kitab Jurumiyah Bab Huruf Laa “لَا”

Table of Content [ ]

بَابُ لَا

Bab Huruf Laa “لَا”

اِعْلَمْ أَنَّ «لَا» تَنْصِبُ اَلنَّكِرَاتِ بِغَيْرِ تَنْوِينٍ إِذَا بَاشَرَتْ اَلنَّكِرَةَ وَلَمْ تَتَكَرَّرْ «لَا» نَحْوَ لَا رَجُلَ فِي اَلدَّارِ

Ketahuilah ! bahwa sesungguhnya laa “لَا” itu dapat menashobkan isim nakirah dengan tanpa tanwin. Keadaan ini berlaku ketika laa “لَا” bertemu langsung dengan isim nakiroh dan laa “لَا” tidak diulang-ulang. Contohnya “لَا رَجُلَ فِي اَلدَّارِ” (tidaklah pemuda itu di rumah).

فَإِنْ لَمْ تُبَاشِرْهَا وَجَبَ اَلرَّفْعُ وَوَجَبَ تَكْرَارُ «لَا» نَحْوَ لَا فِي اَلدَّارِ رَجُلٌ وَلَا اِمْرَأَةٌ. فَإِنْ تَكَرَّرَتْ جَازَ إِعْمَالُهَا وَإِلْغَاؤُهَا، فَإِنْ شِئْتَ قُلْتُ لَا رَجُلٌ فِي اَلدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةٌ وَإِنْ شِئتَ قُلْتَ: لَا رَجُلَ فِي اَلدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةَ

Jika laa “لَا” tidak bertemu langsung dengan isim nakirah maka wajib dibaca rofa’ dan laa “لَا” wajib diulang-ulang. Contohnya “لَا فِي اَلدَّارِ رَجُلٌ وَلَا اِمْرَأَةٌ” (tidaklah di rumah pemuda dan pemudi itu).

Apabila laa “لَا” telah disebutkan berulang kali maka dapat beramal (menashobkan isim nakirah) dan tidak beramal (isim nakirah dibaca rafa’). Contohnya:

  • لَا رَجُلٌ فِي اَلدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةٌ (isim nakirah dibaca rofa’ sebagai mubtada)
  • لَا رَجُلَ فِي اَلدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةَ (isim nakirah dibaca nashob sebagai isimnya laa “لَا”).

Baca juga: Kitab Jurumiyah Bab Munada
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar