Skip to main content

Contoh Bina' Mitsal dalam Al-Qur'an dan Kalimat

Table of Content [ ]
Contoh Bina' Mitsal dalam Al-Qur'an dan Kalimat - Bina' mitsal adalah bina' yang terdiri atas huruf shohih kecuali fa' fi'ilnya, yaitu berupa wawu atau ya'. Dalam ilmu shorof, bina' mitsal dikelompokkan ke dalam dua macam, yaitu bina' mitsal wawi dan bina' mitsal ya'i. Disebut mitsal wawi sebab fa' fi'ilnya berupa wawu, jika berupa ya' maka disebut mitsal ya'i. Berikut ini adalah contoh bina' mitsal wawi dan contoh bina' mitsal ya'i dalam Al-Qur'an dan kalimat sehari-hari.

Baca juga : Pengertian Bina' dan Pembagiannya dalam Ilmu Shorof

Contoh bina' mitsal wawi dalam Al-Qur'an :

ثُمَّ يُدْرِكْهُ المَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ (Kemudian kematian menimpanya, maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah).

Baca juga : Contoh Bina' Ajwaf

Contoh bina' mitsal wawi dalam kalimat :

وُقِّعَتْ حَدِيْثًا مُذَكَّرَةُ التَّعَاوُنِ بَيْنَ إِنْدُونِيْسِيَا وَالدُّوَلِ المُجَاوِرَةِ (Baru-baru ini telah ditandatangani nota kerjasama antara Indonesia dan negara-negara tetangga).

Contoh bina' mitsal ya'i dalam Al-Qur'an :

يُرِيْدُ اللّهُ بِكُمُ اليُسْرَ (Allah menghendaki kemudahan bagimu).

Baca juga : Contoh Bina' Shohih dalam Al-Qur'an

Contoh bina' mitsal wawi dalam Al-Qur'an :

اَلۡحَمۡدُ لِلّٰهِ الَّذِىۡ وَهَبَ لِىۡ عَلَى الۡـكِبَرِ اِسۡمٰعِيۡلَ وَإِسْحقَ (Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(ku) Ismail dan Ishak).

Baca juga : Contoh Bina' Mahmuz beserta Artinya

Contoh bina' mitsal ya'i dalam kalimat :

وَجِلَ خَالِدٌ بِهَدِيْرِ زَيْدٍ (Khalid takut dengan gertakannya Zaid).

Itulah beberapa contoh bina' mitsal wawi dan bina' mitsal ya'i baik dalam Al-Qur'an dan kalimat sehari-hari. Semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar