Skip to main content

Contoh Tanwin Iwadl dalam Al-Qu'ran dan Kalimat Sehari-hari

Table of Content [ ]
Termasuk tanda-tanda kalimah isim yaitu patut kemasukan tanwin. Tanwin yang menjadi tandanya kalimah isim tersebut dibagi menjadi 4 jenis, di  antaranya yaitu tanwin iwadh atau tanwin pengganti. Sebagaimana yang telah kami jelaskan pada artikel kami sebelumnya.

Baca juga : Pengertian Tanwin dan Pembagiannya dalam Ilmu Nahwu

Tanwin iwadh adalah tanwin yang berfungsi sebagai pengganti jumlah/kalimah yang dibuang. Dalam kaidah bahasa Arab, tanwin jenis ini digolongkan menjadi tiga macam, yaitu tanwin iwadh an al-jumlah (pengganti dari jumlah), iwadh an al-ismi (pengganti dari isim), dan iwadh an al-harfi (pengganti dari huruf). Berikut ini adalah contoh tanwin iwadl dalam al-Qur'an dan kalimat sehari-hari.

Contoh Tanwin Iwadh dalam Kalimat Sehari-hari :

لَمْ تَكُنْ حِيْنَئِذٍ هَوَاتِفُ ذَكِيَّةٌ (Saat itu belum ada smartphone).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al-Waqi'ah ayat 84 :

وَأَنْتُمْ حِيْنَئِذٍ تَنْظُرُوْنَ (Padahal kalian ketika itu melihat).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al-Baqarah Ayat 116 :

وَقَالُوا اتَّخَذَ اللّٰهُ وَلَدًا ۙ‌ سُبۡحٰنَهٗ ‌ؕ بَل لَّهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ؕ كُلٌّ لَّهٗ قَانِتُوۡنَ (Mereka (orang-orang kafir) berkata: "Allah mempunyai anak". Maha suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah milik Allah; semua tunduk kepadanya).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Kalimat Sehari-hari :

البُيُوْتُ حِيْنَئِذٍ لَمْ يَكُنْ فِيْهَا كَهْرَبَاءُ (Rumah-rumah saat itu belum ada listriknya).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al-Baqarah Ayat 148 :

وَلِكُلٍ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا (Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S An-Nisa Ayat 78 :

قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللّهِ (Katakanlah: "semuanya (datang) dari sisi Allah").

Baca juga : Contoh Tanwin Tamkin dalam Al-Qur'an

Contoh Tanwin Iwadh dalam Kalimat Sehari-hari :

لَمْ نَعْرِفْ حِيْنَئِذٍ مَايُسَمَّى الآنَ بِالإِنْتِرْنِتِ (Waktu itu kita belum mengenal apa yang sekarang disebut dengan internet).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al Maidah Ayat 48 :

لِكُلٍّ جَعَلْنَ مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا (Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al-Araaf Ayat 41 :

لَهُمْ مِنْ جَهَنَّمَ مِهَادٌ وَمِنْ فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ (Mereka memiliki tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka terdapat selimut (api neraka)).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Kalimat Sehari-hari :

جَاءَنِيْ لِلزِّيَارَةِ وَلكِنِّيْ حِيْنَئِذٍ لَمْ أَكُنْ فِي البَيْتِ (Dia datang berkunjung, akan tetapi saat itu Saya sedang tidak berada di rumah).

Itulah beberapa contoh tanwin iwadl dalam Al-Qur'an dan kalimat sehari-hari. Semoga contoh-contoh tersebut dapat membantu, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar