Contoh Tanwin Tamkin dalam Al-Qur'an

Daftar Isi

Nahwushorof.ID - Tanwin merupakan satu dari beberapa yang menjadi tanda-tanda kalimah isim. Dalam ilmu Nahwu, tanwin yang menjadi tandanya kalimah isim ada 4 macam. Salah satu di antaranya adalah tanwin tamkin.

Apa yang dimaksud dengan tanwin tamkin itu ?, yang dimaksud dengan tanwin tamkin adalah tanwin yang ada pada isim-isim yang mu'rab, kecuali isim jamak muannas salim. Sebab, tanwin yang berada pada isim jamak muannas salim adalah tanwin yang berfungsi sebagai pembanding nun-nya jamak mudzakar salim, tanwin ini disebut sebagai tanwin muqabalah.

Ada banyak sekali contoh tanwin tamkin, baik dalam pembicaraan sehari-hari, al-Qur'an, dan kitab/buku yang menggunakan teks Arab. Berikut ini adalah beberapa contoh tanwin tamkin dalam al-Qur'an.

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S Al-Baqarah ayat 7 :

خَتَمَ اللّٰهُ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ وَعَلٰى سَمْعِهِمْ ۗ وَعَلٰٓى اَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَّلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ - ٧

Artinya: "Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka sudah tertutup, dan mereka akan memperoleh adzab yang berat".

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S Al-Baqarah ayat 10 :

فِىۡ قُلُوۡبِهِمۡ مَّرَضٌ فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًا ‌ۚ وَّلَهُمۡ عَذَابٌ اَلِيْمٌ بِمَا كَانُوۡا يَكۡذِبُوۡنَ‏ - ١٠

Artinya: "Dalam hati mereka terdapat penyakit, kemudian Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat adzab yang pedih, sebab mereka berdusta".

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S Ali Imran ayat 5 :

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ - ٥

Artinya: "Bagi Allah tidak ada suatu apapun yang tersembunyi di bumi dan di langit".

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S An-Nisa ayat 10 :

اِنَّ الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ اَمْوَالَ الْيَتٰمٰى ظُلْمًا اِنَّمَا يَأْكُلُوْنَ فِيْ بُطُوْنِهِمْ نَارًا ۗ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيْرًا - ١٠

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara dzalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)".

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S An-Nisa ayat 14 :

وَمَنْ يَّعْصِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَيَتَعَدَّ حُدُوْدَهٗ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيْهَاۖ وَلَهٗ عَذَابٌ مُّهِيْنٌ - ١٤

Artinya: "Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar batas-batas hukum-Nya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam api neraka, dia kekal di dalamnya dan akan mendapat adzab yang menghinakan".

Itulah beberapa contoh tanwin tanmkin dalam Al-Qur'an. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Nahwu Shorof Online
Nahwu Shorof Online Media belajar bahasa Arab online terbaik, menyajikan materi ilmu Nahwu dan Shorof yang bersumber dari buku dan kitab bahasa Arab.

Posting Komentar