Skip to main content

Terjemah Tsamrotul Hajiniyah PDF Karya KH. Sahal Mahfudz

Table of Content [ ]
Tsamrotul Hajiniyah PDF
KH. Muhammad Ahmad Sahal bin Mahfudz bin Abdus Salam al-Hajini, adalah salah satu dari banyaknya ulama di Indonesia yang memiliki karya monumental dibidang ilmu-ilmu ke-Islam-an klasik. Beliau lahir di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, pada 16 Februari 1933.Disiplin ilmu yang dipelajari Kiai Sahal cukup beragam, mulai dari ilmu nahwu, tafsir, fiqih, hadits, ushul fiqih, tauhid, tasawuf, mantiq, balaghah, dan lain-lain. Beliau termasuk ulama produktif dalam menulis. Beberapa karyanya bisa dibaca melalui buku atau kitab yang ditulis menggunakan bahasa Arab dan bahasa Indonesia atau beberapa artikel yang menyebar di beberapa media. Seperti kitab Ta'liqot 'ala as Tsamarotul Hajiniyyah fi Isthilahati al Fiqhiyyah yang selesai beliau tulis pada 26 September 1961.

Kitab Tsamarotul Hajiniyah merupakan kitab berbentuk nadzam (semacam bait-bait puisi) yang menjelaskan maksud dari istilah-istilah yang sering digunakan dalam pembahasan ilmu fiqh. Dengan begitu, kitab ini berisi semacam kamus istilah dalam disiplin ilmu fiqh.

Yang demikian dapat kita lihat langsung dalam terjemah Tsamrotul Hajiniyah berikut yang disajikan oleh Kiai Sahal:

الثمرات الحاجينيّة

“Terjemahan Tsamrotul Hajiniyyah”

Halaman 7

قولى الشيرازى: بكسر الشين نسبة الى شيراز بلدة عظيمة بفارس وهو ابو اسحاق إبراهيم بن على بن يوسف ولد بفيروزاباد سنة ٣٩٣ وتوفى فى سنة ٤٧٦ وله من المصنفات ما هو مبارك مفيد سار كمسير الشمس كالمهذب فى الفقه واللمع وشرحه فى أصوله

Perkataanku (mushannif), “الشيرازى”) dengan dibaca kasrah huruf syinnya, penisbatan kepada “Syiraz”, yaitu daerah luas yang terletak di Negeri Persia / Iran. Beliau adalah Imam Abu Bakr Ishaq Ibrahim bin Ali bin Yusuf, dilahirkan di Fairuzabad pada tahun 393 H, wafat di tahun 476 H. Beliau merupakan pengarang kitab terkemuka, seperti kitab Musayyir Asy-Syams, Muhadzdzab (dalam bidang ilmu Fiqh), Al-Luma' dan Syarah Al-Luma' (dalam bidang ilmu Ushul Fiqh).

قولى وهو الخ: الشيخ فى علم البلاغة عزى أى نسب

Perkataanku (mushannif), “وهو الخ...”, yaitu Syaikh dalam bidang ilmu Balaghah, yang mulia nasabnya.

قولى لواضع الخ: اللام بمعنى إلى متعلق بعزى والجرجانى نسبة إلى جرجان إقليم فى فارس وهو أبو بكر عبد القاهر بن عبد الرحمن المتفى سنة ٤٧١ وله فى البلاغة أسرار البلاغة ودلائل الإعجاز

Perkataanku (mushannif), “لواضع الخ...”, lam di situ memiliki makna yang masih berkaitan dengan kata “عزى”. Dan kata “جرجانى” merupakan penisbatan kepada “Jurjan” (kota yang ada dalam teritorial Iran), adalah Abu Bakr Abdul Qahir bin Abdi Ar-Rahman (Wafat pada tahun 471 H), seorang sastrawan atau ahli bahasa dari Persia.

وقولى بى بكر: بحذف الهمزة وهو جائز وواقع كما فى كنى العرب الحضارة

Perkataanku (mushannif), “بى بكر”, dengan membuang hamzahnya, demikian diperbolehkan dan berlaku seperti di kalangan orang-orang Hadrami (sekelompok penduduk nomaden yang berasal dari wilayah Hadhramaut, Yaman).

قولى للبخارى: أى عليه على حد قوله تعالى ويخرون للأذقان أى عليها ووقع مثل ذلك كثيرا فى هذه المنضومة وهو الإمام الحافظ أبو عبد الله محمد بن إسماعل بن إبراهيم ولد سنة ١٩٤ وتوفى سنة ٢٥٦ ليلة السبت عند الصلاة العشاء

Perkataanku (mushannif), “للبخارى”, lam; bermakna “على”. Allah SWT berfirman: “وَيَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ”, lam di situ bermakna “على”, artinya “Dan mereka menyungkur atas muka mereka” (Q.S. Al-Isra’: 109), dan masih banyak lagi contoh sepadan lainnya dalam nadhom ini. Beliau (البخارى) adalah Imam Hafidz Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim,  lahir tahun 194 H, dan wafat pada tahun 256 H, Sabtu malam ketika shalat isya’.

قولى ومسلم: بالجار معطوف على البخارى وهو الإمام الحافظ أبو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم الققشيرى النيسابورى ولد سنة ١٨٤ وتوفى فى سنة ٢٦١ ولهذين الإمامين فى الحديث الصحيحان وهما المراد بالصحيحين حيث أطلق غير أن صحيح مسلم إختص بجودة السياق والتهذيب

Perkataanku (mushannif), “ومسلم”, dibaca jer huruf akhirnya, sebagai ma’tuf (yang diathafkan) atas lafadz “للبخارى”. Beliau (مسلم) adalah Imam Hafidz Abu Al-Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairi An-Naisaburi, lahir tahun 184 H dan wafat di tahun 261 H. Dan kepada kedua imam itulah dalam kitab-kitab hadits dikenal istilah “Shahihani”, yaitu merujuk kepada kitab Shahih milik imam Bukhari dan imam Muslim. Sekiranya dibebaskan dari selainnya, sungguh Shahih Muslim dibebaskan dengan “jaudah as-siyaq” dan “tahdzib”.

وقولى فى كتب الأخبار: جمع خبر أى الحديث وهذا ليس بقيد بل فى غيرها مما يتعلق بالأخبار كذلك

Perkataanku (mushannif), “فى كتب الأخبار”, bentuk jamak dari “خبر”, yakni “الحديث”. Dan ini tidak ada pembatasan bahkan pada selainnya dari sesuatu yang berkaitan dengan kata “الأخبار”.

Download: Terjemah Tsamrotul Hajiniyah PDF
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar