Skip to main content

Materi Bahasa Arab Kelas 1 MI

Table of Content [ ]
Nahwushorof.ID - Selamat datang di situs web kami yang memberikan informasi dan panduan belajar bahasa Arab. Di sini kami selalu berupaya memberikan apa yang Anda butuhkan untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab mulai dari materi dasar hingga materi yang lebih mendalam.

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi tentang materi bahasa Arab kelas 1 sesuai dengan buku pelajaran bahasa Arab yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Selanjutnya, kami akan memberikan buku teks pelajaran bahasa Arab dalam bentuk pdf yang dapat diunduh dan dipelajari menemani waktu belajar Anda.

Materi Bahasa Arab Kelas 1 MI Semester 1

Dalam buku pelajaran bahasa Arab kelas 1 MI semester 1 ini, peserta didik akan diajarkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sederhana. Termasuk mendemonstrasikan tindak tutur memberi salam, menjawab salam, menanyakan nama, menanyakan kabar, dan seterusnya.

Karena diperuntukkan bagi siswa kelas 1 jenjang MI, maka materi bahasa Arab yang disajikan pun adalah materi-materi dasar dengan menggunakan media kartun. Sesuai dengan petunjuk dalam buku bahasa Arab kelas 1 MI, peserta didik akan diminta untuk aktif mengamati, membaca, menyimak, berbicara, menulis, bernyanyi, dan berlatih mengerjakan soal.

Ada 3 (tiga) bab yang akan dipelajari peserta didik pada semester 1 kelas 1 jenjang MI. Ketiga bab tersebut yaitu: 1) at-ta’ruf (perkenalan), 2) al-usrati (keluargaku), dan 3) al-hiwayati (hobi atau kegemaranku). Setelah itu, peserta didik akan diminta untuk mengerjakan soal-soal sebagai penilaian akhir semester 1.

Baca juga: Materi Bahasa Arab Kelas 2 MI

Materi Bahasa Arab Kelas 1 MI Semester 2

Materi bahasa Arab kelas 1 MI pada semester 2 juga tidak jauh berbeda dengan semester sebelumnya, yaitu belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan kebahasaan meliputi bunyi, kata, dan makna. Metode yang digunakan juga sama, meliputi kegiatan mengamati, membaca, menyimak, berbicara, menulis, bernyanyi, dan berlatih mengerjakan soal.

Pada semester 2 ini, ada 3 (tiga) bab yang akan dipelajari oleh peserta didik, yaitu tentang: 1) al-baiti (rumahku), 2) asmaul fawakih (nama buah-buahan), dan 3) al-alwanu (warna-warna). Kemudian, peserta didik akan diminta mengerjakan soal-soal sebagai penilaian akhir semester 2.

Agar lebih memudahkan Anda dalam mempelajari dan memahami materi bahasa Arab kelas 1 semester satu dan semester dua. Berikut kami sediakan buku teks pelajarannya yang dapat diunduh dalam bentuk pdf untuk menemani waktu belajar bahasa Arab Anda melalui tautan di bawah ini.

Download: Buku bahasa Arab kelas 1
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar