Skip to main content

Materi Bahasa Arab Kelas 3 MI

Table of Content [ ]
Nahwushorof.ID - Selamat datang di situs web kami yang memberikan informasi dan materi seputar bahasa Arab. Di sini kami selalu berupaya memberikan apa yang dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab mulai dari materi dasar hingga materi yang lebih mendalam.

Pada artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang materi bahasa Arab kelas 3 MI sebagaimana dalam buku bahasa Arab kelas 3 terbitan Kementerian Agama RI. Selanjutnya, kami akan memberikan buku teks pelajaran bahasa Arab yang dapat Anda unduh dalam bentuk pdf untuk kemudian dipelajari dan dipahami.

Materi Bahasa Arab Kelas 3 MI Semester 1

Materi bahasa arab kelas 3 MI adalah salah satu materi yang dipelajari di sekolah. Materi ini meliputi pengenalan tentang  bentuk bunyi, pengucapan, tata bahasa, dan mufrodat (kosakata) yang diadaptasi dari beberapa buku pegangan dan disusun berdasarkan tema-tema yang ada dalam buku teks.

Dalam pelajaran bahasa Arab jenjang MI kelas 3 ini, siswa akan belajar materi-materi seperti mengenal huruf-huruf Hijaiyah, mengetahui bentuk-bentuk bunyi dan pengucapan kata-kata dalam bahasa Arab, serta mengenal tata bahasa Arab. Selain itu, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk berlatih menulis kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Arab.

Ada 3 (tiga) bab yang akan dipelajari siswa pada semester 1 kelas 3 jenjang MI. Ketiga bab tersebut yaitu: 1) al-mawaddu ad-dirasiyyatu (jadwal pelajaran), 2) asmaul hayawanati (nama-nama hewan), dan 3) al-amradlu (penyakit). Kemudian, siswa akan diminta untuk mengerjakan soal-soal sebagai penilaian akhir semester 1.

Baca juga: Materi Bahasa Arab Kelas 4 MI

Materi Bahasa Arab Kelas 3 MI Semester 2

Tidak jauh berbeda dengan yang sudah dipelajari pada semester 1 (satu). Di semester 2 (dua), siswa akan belajar mengenal mufrodat (kosakata), pengucapan kata, bentuk bunyi, dan memahami susunan kalimat bahasa Arab.

Ada 3 (tiga) bab yang akan dipelajari siswa di semester 2 (dua), yaitu bab tentang: 1) ar-riyadlah (olahraga), 2) ashdiqai (teman-temanku), dan 3) al-hadiqatu (kebun). Selanjutnya, siswa akan diminta mengerjakan soal-soal sebagai penilaian akhir semester 2.

Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami materi bahasa Arab kelas 3 MI. Berikut kami sediakan buku teks pelajarannya yang dapat diunduh dalam bentuk pdf untuk kemudian dijadikan sebagai buku pegangan dalam mempelajari materi-materi bahasa Arab di kelas 3 MI.

Download: Buku bahasa Arab kelas 3
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar