Skip to main content

Materi Bahasa Arab Kelas 5 MI

Table of Content [ ]
Nahwushorof.ID - Selamat datang di situs web kami yang memberikan informasi dan panduan komprehensif belajar bahasa Arab. Pada artikel ini, kami akan berbagai informasi tentang materi bahasa Arab kelas 5 MI/SD yang mengacu kepada KMA 183 Tahun 2019.

Materi bahasa arab kelas 5 MI adalah salah satu materi yang dipelajari di sekolah. Materi ini meliputi pengenalan tentang  bentuk bunyi, pengucapan, tata bahasa, dan mufrodat (kosakata) yang diadaptasi dari beberapa buku pegangan dan disusun berdasarkan tema-tema yang ada dalam buku teks.

Dalam pelajaran bahasa Arab di kelas 5 MI ini, siswa akan belajar materi-materi seperti mengenal huruf-huruf Hijaiyah, mengetahui bentuk-bentuk bunyi dan pengucapan kata-kata dalam bahasa Arab, serta mengenal tata bahasa Arab. Selain itu, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk berlatih menulis kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Arab.

Beberapa pendekatan yang digunakan dalam mengajarkan materi bahasa Arab kelas 5 MI yaitu genre, komunikatif dan saintifik, sehingga latihan-latihan disuguhkan dengan tujuan peserta didik mampu berkomunikasi dengan bahasa arab sekaligus memahami dan menganalisis konteks penggunaannya dengan pola sederhana.

Secara keseluruhan, ada 6 (enam) bab yang akan dipelajari siswa di kelas 3 jenjang MI, antara lain:

Semester 1 (Ganjil) :

  • Pelajaran 1: Anggota Tubuh
  • Pelajaran 2: Profesi
  • Pelajaran 3: Kebun Binatang

Semester 2 (Genap) :

  • Pelajaran 4: di Ruang Tamu dan Ruang Belajar
  • Pelajaran 5: di Laboratorium dan Perpustakaan
  • Pelajaran 6: di Kantin

Adapun kegiatan belajar dengan menyesuaikan pendekatan-pendekatan yang digunakan pada materi bahasa Arab kelas 5 MI/SD adalah:

  • Kegiatan 1, bagian ini merupakan pendahuluan yang mengandung penyajian teks sederhana berupa dialog (hiwar) ataupun teks (nash) pendek sebagai awalan pembelajaran untuk mengenalkan mufradat baru dalam konteks kalimat, serta melatih tata kalimat (tarakib) dan keterampilan menyimak.
    • Kosakata (mufrodat) disajikan dengan media gambar dengan tujuan memperjelas arti kata, kemudian latihan mufradat difungsikan sebagai pendalaman materi dan evaluasi terhadap mufradat setiap tema.
    • Tata Kalimat merupakan tata bahasa fungsional dalam konteks kalimat, dipaparkan dalam bentuk induksi maupun deduksi.
    • Keterampilan menyimak mengandung latihan-latihan menyimak yang sebagian disertai gambar sebagai media bantu.
  • Kegiatan 2, bagian ini mengandung teks bacaan bergenre yang digunakan untuk memahami sekaligus menganalisisnya.
  • Kegiatan 3, mengandung demonstrasi ungkapan secara kolektif berupa latihan verbal maupun non-verbal yang komunikatif berupa; tanya jawab berpasangan dan dialog sederhana dengan tujuan untuk memberi motivasi peserta didik untuk memproduksi bahasa secara kolektif.
  • Kegiatan 4, mengandung demonstrasi ungkapan secara personal berupa latihan-latihan menulis dari mulai huruf menjadi kata, sampai merangkai kata menjadi kalimat, juga terdapat latihan terjemah baik dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya dan terakhir dituntut mampu memproduksi bahasa tulisan maupun lisan melalui media deskripsi gambar maupun pertanyaan-pertanyaan stimulan.

Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami materi bahasa Arab kelas 5 MI. Berikut kami sediakan buku teks pelajarannya yang dapat diunduh dalam bentuk pdf untuk kemudian dijadikan sebagai buku pegangan dalam mempelajari materi-materi bahasa Arab di kelas 5 MI/SD.

Download: Buku bahasa Arab kelas 5
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar