Skip to main content

Contoh Khabar Muqaddam dalam Al Qur’an

Table of Content [ ]
Khabar muqaddam adalah khabar yang didahulukan dan mengakhirkan mubtada sebab adanya hal-hal tertentu di mana khabar boleh bahkan wajib didahulukan. Karena pada pertemuan Nahwu Shorof Online yang lalu telah dijelaskan mengenai khabar muqaddam dan mubtada muakhor beserta contoh-contoh penerapannya dalam kalimat. Jadi, di sini kami hanya akan menyampaikan beberapa contoh khabar muqaddam dalam Al Qur’an sebagai tambahan serta lebih menajamkan lagi pemahaman mengenai bab ibtida ini.

Contoh khabar muqaddam dalam Al Qur’an surah Al Baqarah:

  • خَتَمَ اللَّهُ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ وَعَلَىٰ سَمْعِهِمْ ۖ وَعَلَىٰ أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ (البقرة: ٧)
  • وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ آمَنَّا بِاللَّهِ وَبِالْيَوْمِ الْآخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ (البقرة: ٨)
  • فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ (البقرة: ١٠)
  • وَأُتُوا بِهِ مُتَشَابِهًا ۖ وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ ۖ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (البقرة: ٢٥)
  • وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَىٰ حِينٍ (البقرة: ٣٦)

Contoh khabar muqaddam dalam Al Qur’an surah Ali Imran:

  • لِلَّذِينَ اتَّقَوْا عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا (ال عمران: ١٥)
  • بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (ال عمران: ٢٦)
  • وَيُحَذِّرُكُمُ اللَّهُ نَفْسَهُ ۗ وَإِلَى اللَّهِ الْمَصِيرُ (ال عمران: ٢٨)
  • وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا (ال عمران: ٩٧)
  • وَلِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۚ وَإِلَى اللَّهِ تُرْجَعُ الْأُمُورُ (١٠٩)

Semua kalimah dalam ayat Al-Qur'an yang kami beri tanda berwarna tersebut merupakan contoh khabar muqaddam yang telah memenuhi ketentuan-ketenuan mubtada muakhor (yang diakhirkan).

Misalkan kalimat “وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ” (dan bagi mereka siksa yang amat berat) dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 7 di atas.  Kata “وَلَهُمْ” adalah contoh khabar muqaddam yang mengakhirkan mubtada, dan ini diperbolehkan tetapi tidak wajib. Karena adanya musawwig yang memperbolehkan selain wajibnya mendahulukan khabar, yakni kata “عَظِيمٌ” yang menjadi sifat daripada mubtada' “عَذَابٌ”.

Berbeda dengan kalimat “فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ” (di hati mereka terdapat penyakit), kata “فِي قُلُوبِهِمْ” berkedudukan sebagai khabar yang didahulukan (muqaddam) dan lafadz “مَرَضٌ” menjadi mubtada muakhor. Dan ini wajib hukumnya, sebab tidak adanya musawwig yang menunjukkan selain keharusan mendahulukan khabar.

Itulah beberapa contoh khabar muqaddam dalam Al Qur’an baik yang jawaz (boleh) bahkan wujub (wajib) mengakhirkan mubtada. Mohon koreksinya, semoga mengedukasi dan menginspirasi.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar