Skip to main content

Buku Nahwu Shorof untuk Pemula PDF Lengkap Cetakan Ketiga

Table of Content [ ]
Buku Nahwu Shorof untuk Pemula adalah buku yang membicarakan susunan kalimat bahasa Arab dengan bahasa dan penjelasan yang disesuaikan untuk pemula. Ilmu nahwu itu sendiri adalah kaidah-kaidah bahasa Arab untuk mengetahui bentuk kata beserta keadaan-keadaannya saat masih mufrad (berdiri sendiri) atau murakkab (tersusun). Tergolong di dalamnya yaitu pembahasan ilmu shorof, adalah keilmuan yang menitik beratkan pada peralihan suatu kata dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Jadi pada dasarnya, kajian ilmu nahwu meliputi pembahasan mengenai wujud kata beserta keadaannya saat belum tersusun (mufrad) , semisal bentuk isim fa'il mengikuti wazan "فاعل", isim maf'ul mengikuti wazan "مفعول", berikut keadaan-keadaannya seperti cara mentasniyahkan, menjamakkan, mentashghirkan dan sebagainya. pembahasan kondisi kata saat telah tersusun (murakkab), semisal rofa'nya kalimah isim saat menjadi fa'il, atau memu'annatskan kalimah fi'il bila sebelumnya memperlihatkan makna mudzakkar dan seterusnya.

Sedangkan contoh ilmu shorof seperti saat akan membuat kalimat dengan kata kerja yang memperlihatkan masa lampau, karena itu fi'il yang tepat yaitu fi'il madhi, apabila memuat makna pelaku menggunakan bentuk isim fa'il, dan sebagainya.

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan hasil dari mempelajari ilmu nahwu dan shorof, di antaranya:

  1. Mengetahui kondisi atau keadaan akhir suatu kalimat dalam bahasa Arab baik berbentuk mu'rab ataupun mabni.
  2. Mengetahui batasan berupa mempelajari kondisi-kondisinya (ahwalnya).
  3. Terlepas dari kekeliruan dalam memahami Al-Qur'an dan Al-Hadits (meminimalisir kekeliruan).
  4. Lebih unggul dari beragam pengetahuan, karena tanpa ilmu nahwu dan shorof kita tidak bisa mempelajari pengetahuan lainnya berbahasa Arab.
  5. Mempermudah kita dalam memahami sebuah kalimat dalam bahasa Arab.
  6. Memberikan peluang menjadi pribadi yang mempunyai keterampilan dalam bahasa Arab.
  7. Mempermudah mengambil rujukan dari berbagai kitab kuning atau kitab gundul salafy kuno.

Hadirnya buku nahwu shorof ini benar-benar kami rekomendasikan untuk pemula yang mempunyai niat kuat, tekad bulat mempelajari tata bahasa Arab. Dilengkapi rumus sakti untuk mempermudah pembaca dalam mengingat kaidah-kaidah penting ilmu nahwu.

Buku keluaran program BISA ini juga disusun sedemikian rupa untuk mempermudah pembaca. Dimulai dari pengenalan kata, kalimat simpel, kalimat plus tambahan keterangan dan sejumlah varian kalimat bahasa Arab. Setiap keterangan disesuaikan dan dibandingkan dengan tata bahasa Indonesia supaya pembaca dapat semakin gampang memahami tata bahasa Arab. Dilengkapi dengan contoh aplikatif dari Al-Qur'an dan Al-Hadits serta latihan soal untuk melatih pengetahuan para pembaca.

Baca juga: Buku Shorof Lengkap PDF untuk Pemula

Oleh karenanya, bagi saudara/i yang terpikat dengan buku karya program BISA ini. Silakan klik Download Buku Nahwu Shorof versi PDF yang didesain dan diterbitkan khusus pemula mempelajari kaidah-kaidah tata bahasa Arab.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar