Skip to main content

Ilmu Sharaf untuk Pemula PDF

Daftar Isi [ Tampil ]
Ilmu sharaf telah menjadi bagian dari ilmu linguistik Arab yang mempelajari tentang struktur kata dan perubahan-perubahan yang terjadi padanya. Mulanya, ilmu sharaf tumbuh bersama dengan ilmu nahwu sebagai satu macam disiplin ilmu bahasa Arab. Namun seiring dengan perkembangan zaman, ilmu sharaf berkembang sendiri secara terpisah dari ilmu nahwu.

Dalam mempelajari bahasa Arab, pembelajar akan dihadapkan dengan kedua disiplin ilmu tersebut, karena pentingnya ilmu ini dalam mempelajari bahasa Arab muncullah ungkapan: sharaf adalah induk segala ilmu dan ilmu nahwu adalah bapaknya.

Ilmu sharaf disebut induk segala ilmu sebab sharaf itu dapat melahirkan bentuk setiap kalimat sedangkan kalimat itu menunjukkan bermacam-macam ilmu, kalau tidak ada kalimat tentu tidak ada tulisan, tanpa tulisan sukar mendapat ilmu. Adapun ilmu nahwu disebut juga dengan bapak ilmu, sebab ilmu nahwu untuk memperbaiki setiap kalimat dalam susunannya, i’robnya, bentuk dan sebagainya. Ilmu nahwu shorof merupakan ilmu yang mutlak harus dipelajari dan dipahami bagi siapa saja yang ingin mendalami dan mengkaji secara mendalam tentang ilmu pengetahuan agama Islam sumber pokoknya Al-Qur’an dan Hadits.

Tetapi yang disayangkan beberapa pelajar non Arab terutama di Indonesia merasakan kesusahan dalam mempelajari bahasa Arab, hemat penulis bisa jadi ini disebabkan miss orientasi pada sharaf, pelajar direpotkan dengan gaya bahasa yang cenderung teoritis bukan bahasa Arab itu sendiri secara pragmatis. Pada akhirnya seperti penilaian Dr. Ahmad Syalabi saat berkunjung ke Indonesia bahwa mayoritas pelajar yang menekuni bahasa Arab sekian tahun lamanya, hanya mengusai dalam gaya bahasa tidak dalam bahasa itu sendiri ( Ahmad Syalabi, 1980).

Berangkat dari uraian di atas penulis berusaha keras untuk menghadirkan buku ilmu sharaf untuk pemula yang selanjutnya bisa dipelajari sebagai tambahan referensi sekaligus banding.

Download: Ilmu Sharaf untuk Pemula PDF

Open donation: Kami membuka donasi bagi siapapun yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk pengembangan situs web ini melalui laman; support kami
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar