Skip to main content

Kitab Tashrif Shorof PDF

Table of Content [ ]
Kitab Tashrif
Nahwushorof.ID - Kitab Amshilatut Tashrifiyyah merupakan kitab shorof dasar yang menjadi rujukan pertama untuk mengetahui perubahan kata dalam ilmu shorof, penulis kitab tersebut yaitu KH. Ma'shum bin Ali, nama lengkap beliau adalah Muhammad Ma'shum bin Ali bin Abdul Muhyi Al-Maskumambani, lahir di Maskumambang, Gresik, persisnya di sebuah pondok yang didirikan oleh Sang Kakek.

Adapun kitab Amshilatut Tashrifiyyah ini adalah kitab yang membicarakan rumus perubahan kata dalam ilmu shorof. Susunannya sistematis, sehingga mudah dihafal dan dipahami. Lembaga pendidikan Islam, baik di Indonesia maupun di luar negeri, banyak yang menjadikan kitab ini sebagai rujukan pertama dalam pembelajaran shorof. Kitab ini bahkan menjadi pegangan wajib para santri di pesantren salaf. Ada pula yang menyebut kitab ini dengan istilah kitab tashrif Jombang. Kitab yang terdiri dari 60 halaman ini telah disebarkan luaskan oleh banyak penerbit, di antaranya seperti Penerbit Salim Nabhan Surabaya. Di dalamnya ada bermacam-macam wazan yang disusun sedemikian rupa agar mudah untuk dihafalkan dan dipelajari khususnya bagi pemula.

Download: Kitab Tashrif Shorof PDF
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar