Skip to main content

Kitab Shorof Bahasa Indonesia PDF untuk Pemula

Table of Content [ ]
Kitab Shorof Bahasa Indonesia
Nahwushorof.ID - Shorof sudah menjadi bagian dari ilmu linguistik Arab yang membicarakan mengenai susunan kata dan perubahan-perubahan yang terjadi padanya. Pada pertengahan abad pertama Hijriyah, shorof tumbuh bersama ilmu nahwu, sebagai satu jenis pengetahuan bahasa.

Selanjutnya ilmu shorof atau tashrif berkembang sendiri secara terpisah dari ilmu nahwu. Perkembangan itu terus berlanjut sampai abad keempat belas Hijriyah, hingga linguistik Arab klasik berjumpa dengan pengetahuan linguistik modern Barat. Karena itu muncullah banyak keserupaan di antara istilah dalam linguistik Arab klasik dengan linguistik modern. Banyak beberapa kaidah dalam linguistik modern yang memengaruhi kaidah ilmu linguistik Arab klasik.

Ilmu shorof merupakan ilmu yang mempelajari akar kata dalam bahasa Arab. Abdullah Abdu al-Hamid Abdullah dalam bukunya Durus Fi as-Syarh ‘Ilm As-Shorf Li Al-Mubtadin, mengutarakan bahwa ilmu shorof adalah sekumpulan kaidah atau aturan untuk mengetahui susunan kata secara lafadz dan makna. Sementara itu Al-Ghulayaini dalam kitabnya Jami'ud Durus al-Arabiyah mengatakan bahwa shorof adalah pengetahuan mengenai asal mula kata yang dengannya bisa dijumpai bentuk-bentuk dari kata-kata bahasa Arab serta kondisinya, yang bukan i'rob dan bukan bina'. Ilmu shorof lebih banyak membicarakan beragam kata dari segi tashrif , i'lal, idgham dan pergantian huruf.

Ketika kita mendalami bahasa Arab, ilmu shorof menjadi bagian terpenting yang tidak dapat ditinggalkan. Ilmu shorof adalah bagian dari unsur bahasa yang mendukung kesuksesan pembelajaran bahasa Arab di lembaga formal seperti sekolah dan universitas atau non-formal seperti kursus bahasa Arab dan pondok pesantren. Di lingkungan pondok pesantren, pengetahuan shorof menjadi pelajaran wajib yang harus ditempuh para santri.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh para pembelajar bahasa Arab untuk lebih bisa memahami kaidah-kaidah penting dalam ilmu shorof. Di antaranya dengan memahami berbagai pandangan tentang shorof menurut para ulama atau dengan mempelajari kitab-kitab shorof karya ulama ternama. Untuk itu, berikut kami hadirkan kitab shorof bahasa Indonesia dalam bentuk pdf yang bisa di download dan dipelajari oleh para pemula.

Download: Kitab Shorof Bahasa Indonesia PDF
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar