Skip to main content

Buku Ilmu Nahwu PDF Belajar Bahasa Arab Mudah untuk Pemula

Daftar Isi [ Tampil ]
Buku Ilmu Nahwu
Mempelajari bahasa asing sebenarnya cukup dengan mempelajari empat keterampilan berbahasa (al-maharah al-lughawiyah) yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Tergolong saat kita mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa asing bagi kita. Namun di samping ke-4 keterampilan tersebut, ada pula beberapa unsur bahasa yang perlu kita perhatikan, salah satunya ialah unsur gramatikal atau kaidahnya. Terutama dalam linguistik Arab, kaidah (nahwu) ini menjadi bagian penting yang perlu didalami secara utuh karena ia mempunyai karakteristik tertentu yang istimewa dibandingkan dengan kaidah bahasa lain, yaitu dengan adanya i'rab di dalamnya.

Ibnu Khaldun, dalam al-Muqaddimahnya memandang bahwa Ilmu Nahwu sebagai bagian integral dari semua pilar ilmu bahasa Arab (Ulum al-Lisan al-Arab) yang terdiri dari 4 cabang ilmu, yaitu: Ilmu Bahasa (Ilm al-Lughah), Ilmu Nahwu (Ilm al-Nahwi), Ilmu Bayan (Ilm al-Bayan) dan Ilmu Sastra (Ilm al-Adab). Disiplin Nahwu ini pada masa formasinya benar-benar simpel dan bersifat praktis. Didorong semangat rasa tanggung jawab terhadap agama, ilmu Nahwu dimaksudkan sebagai pelurusan pada bacaan-bacaan bahasa Arab (khususnya ayat-ayat Al-Qur'an) yang dipandang melanggar bacaan konvensional. Kekeliruan-kesalahan bacaan itu dalam etika bahasa dan bangsa Arab disebut "al-Lahn", yakni kesalahan dalam berbahasa yang karenanya sudah dipandang tidak fasih lagi.

Akan tetapi dari sudut pandang pembelajar bahasa Arab, justru kaidah nahwu ini dipandang sebagai suatu hal yang sulit dan meletihkan untuk didalami. Banyaknya kaidah, adanya i'rab di setiap kata, harakat muqaddaroh dan amil adalah di antara kepelikan yang dihadapi pembelajar. Sering mereka yang telah belajar bahasa arab sekian tahun di madrasah atau pondok pesantren belum juga dapat selamat dari kekeliruan-kekeliruan nahwiyah saat mereka berbicara, membaca, atau menulis bahasa Arab. Hal ini dapat kita saksikan hingga pelajar tingkat universitas dan bahkan sarjana bahasa Arabnya yang masih sulit untuk mengaplikasikan kaidah nahwu dalam keterampilan berbahasa Arab mereka.

Meski ada anggapan bahwa mempelajari kaidah-kaidah nahwu hanya membuat rumit pemikiran pemeluknya, bukan menjadi hal yang mustahil juga dengan sikap optimisme dan keuletan yang tinggi kita mampu memahami dan menguasai kaidah ilmu nahwu dengan baik dan benar. Selain belajar langsung kepada yang ahli dibidang ilmu nahwu, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendorong pemahaman dan memperkaya rujukan nahwu kita, di antaranya seperti membaca buku-buku nahwu yang kini banyak tersebar di internet dalam bentuk pdf.

Alhamdulillah, untuk membantu mewujudkan cita-cita dan menghilangkan kegelisahan Anda. Dengan izin Allah, berikut kami berikan buku ilmu nahwu pdf yang memuat bab yang paling mendasar dan disusun dengan bahasa dan penjelasan yang mudah, ringan, serta ringkas untuk dipahami oleh kalangan yang bahkan belum pernah sama sekali belajar bahasa Arab.

Buku ilmu nahwu ini merupakan karya dari Nor Kandir yang diterbitkan oleh Pustaka Syahab. Dalam pengantarnya, penyusun menyebutkan bahwa buku kecil ini hanya memuat 7 bab saja, namun tergolong bab-bab yang dipandang paling penting dalam bahasa Arab. Simpel dan mudah, pemula yang sudah paham 7 bab dasar ini, maka bahasa Arab akan menjadi mudah setelahnya. Sebaliknya, siapa yang belum bisa memahami 7 bab dasar dalam bahasa Arab ini, ia tidak akan bisa mendalami bahasa Arab tingkat lanjut.

Open donation: Kami membuka donasi bagi siapapun yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk pengembangan situs web ini melalui laman; support kami
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar