Belajar Bahasa Arab Anak TK
Oleh Nahwushorof.ID, pada : Juli 08, 2022

Belajar Bahasa Arab Anak TK
Bahasa Arab merupakan salah satu kunci ilmu pengetahuan, terlebih yang berkaitan dengan keilmuan keislaman. Seorang anak yang telah mahir dalam berbahasa Arab, memiliki peluang besar untuk mendalami khazanah ilmu pengetahuan Islam dan mendalami ajaran-ajarannya. Oleh karena itu, para ulama salaf pun senantiasa menganjurkan supaya anak-anak mempelajari bahasa Arab terlebih dahulu sebelum mempelajari bahasa lain, karena bahasa Arab dianggap sebagai kunci dari segala ilmu.
Oleh kelebihannya itulah bahasa Arab mempunyai kedudukan yang istimewa dalam agama Islam. Karena bahasa Arab menyimpan khazanah keilmuan Islam, sebagai bahasa persatuan ummat Islam, dan bahasa yang memelihara Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Dengan bahasa Arab lah ummat Islam menjaga dan memelihara agamanya dari penyimpangan dan pemalsuan. Kaitannya dengan hal ini, Allah SWT telah menegaskannya dalam Al-Qur’an surat Al-Hijr ayat 9, yang berbunyi:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ
Artinya: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya, (QS. Al-Hijr: 9).
Metode Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini
Pada umumnya, metode pembelajaran bahasa Arab untuk anak TK dan KB yang biasa digunakan yaitu:
- Metode Bercerita
- Metode Bercakap-cakap
- Metode tanya jawab
- Metode pengucapan syair
- Metode dramatisasi
- Metode pemberian tugas
- Metode praktik langsung
- Metode menyanyi
- Metode bermain
- Metode wisata bermain
- Metode kerja kelompok
- Metode gerak dan lagu
- Metode menari
- Metode permainan musik
- Metode senam
- Metode atraktif.
Begitu pentingnya nilai bermain dalam kehidupan anak TK dan KB, pemanfaatan unsur bermain dalam setiap melaksanakan metode pembelajaran bahasa Arab tersebut telah menjadi unsur yang harus ada, tidak bisa diabaikan.
Materi Bahasa Arab Anak TK
Pendapat Ibnu Sina tersebut diperkuat dengan perkataan Al-Mawardi dalam “Jami’ Bayani Al-Ilmi Wa Al-Fadllih, Juz 2: 86” supaya mengajarkan bahasa Arab kepada anak dengan pembelajaran yang ringan-ringan terlebih dahulu. Lebih lanjut, beliau, Al-Mawardi mengungkapkan bahwa kondisi yang layak untuk mengajarkan bahasa Arab kepada anak usia dini yaitu dengan memberikan apa yang dirasa paling mudah dan ringan terlebih dahulu dari apa yang ada di dalam buku, supaya anak tidak merasa terbebani dengan pembelajaran bahasa asing, seperti pembelajaran ilmu nahwu yang “njlimet” bagi anak yang bukan penutur aslinya.
Di antara pendekatan dalam pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa Arab, yang lazim digunakan antara lain:
- Maharat al-istima’ / listening skills (keterampilan mendengar).
- Maharat al-kalamiyyah / speaking skills (keterampilan berbicara).
- Maharat al-qira’ah / reading skills (keterampilan membaca).
- Maharat al-kitabah / writing skills (keterampilan menulis).
Keempat keterampilan tersebut merupakan aspek penting dalam belajar bahasa Arab untuk anak usia dini (TK dan KB). Karena keempatnya sangat menunjang dalam pencapaian keterampilan berbahasa yang tidak bisa diabaikan.
Berikut ini adalah beberapa materi bahasa Arab untuk anak TK yang diambil dari Modul Asyik Belajar Bahasa Arab yang mencakup keempat keterampilan berbahasa meliputi: mufrodat (kosakata), hiwar (percakapan), tamrinat (latihan soal), dan kitabah (latihan menulis).
Mufrodat (kosakata bahasa Arab)

Hiwar (percakapan bahasa Arab)

Tamrinat (latihan soal bahasa Arab)

Kitabah (latihan menulis bahasa Arab)
