Skip to main content

Belajar Bahasa Arab Anak TK

Daftar Isi [ Tampil ]
Belajar Bahasa Arab Anak TK - Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan Allah SWT dalam menurunkan kitab suci Al-Qur’an. Dengan bahasa Arab, Rasulullah SAW menyampaikan sunnahnya kepada ummat, dan dengan bahasa Arab pulalah disusunnya kitab-kitab agama, filsafat, dan sebagainya. Begitu pentingnya bahasa Arab bagi ummat Islam, sampai-sampai Imam Abu Hasan Al-Mawardi sering menekankan terlebih untuk anak-anak seraya berkata: “Apabila anak sudah sampai waktunya untuk dididik dan diajari, maka hendaknya dimulai dengan mengajarkan Al-Qur’an dan bahasa Arab”.

Belajar Bahasa Arab Anak TK

Ketika di kalangan anak-anak sedang maraknya kesalahan dalam berbahasa sebab pergesekan antara bahasa Arab dengan bahasa ajam, Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a. menyeru kepada para ulama untuk menyusun kaidah-kaidah bahasa Arab untuk anak demi meminimalisir kesalahan dalam berbahasa Arab. Dalam kesempatan lain, Beliau juga pernah memerintahkan kepada masyarakat kala itu untuk belajar bahasa Arab, karena bahasa Arab adalah bahasa agamamu.

Bahasa Arab merupakan salah satu kunci ilmu pengetahuan, terlebih yang berkaitan dengan keilmuan keislaman. Seorang anak yang telah mahir dalam berbahasa Arab, memiliki peluang besar untuk mendalami khazanah ilmu pengetahuan Islam dan mendalami ajaran-ajarannya. Oleh karena itu, para ulama salaf pun senantiasa menganjurkan supaya anak-anak mempelajari bahasa Arab terlebih dahulu sebelum mempelajari bahasa lain, karena bahasa Arab dianggap sebagai kunci dari segala ilmu.

Oleh kelebihannya itulah bahasa Arab mempunyai kedudukan yang istimewa dalam agama Islam. Karena bahasa Arab menyimpan khazanah keilmuan Islam, sebagai bahasa persatuan ummat Islam, dan bahasa yang memelihara Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Dengan bahasa Arab lah ummat Islam menjaga dan memelihara agamanya dari penyimpangan dan pemalsuan. Kaitannya dengan hal ini, Allah SWT telah menegaskannya dalam Al-Qur’an surat Al-Hijr ayat 9, yang berbunyi:

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Artinya: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya, (QS. Al-Hijr: 9).

Metode Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini

Secara umum, banyak sekali jenis metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Akan tetapi, tidak semuanya cocok diterapkan bagi proses belajar bahasa Arab anak TK (Taman Kanak-kanak) dan KB (Kelompok Bermain). Misalnya adalah metode ceramah, yaitu dengan memberikan penjelasan-penjelasan sebuah materi pelajaran. Metode ini dianggap kurang cocok dengan perkembangan anak TK dan KB karena menuntut mereka memusatkan perhatian dalam jangka waktu yang cukup lama, padahal rentang anak relatif singkat.

Pada umumnya, metode pembelajaran bahasa Arab untuk anak TK dan KB yang biasa digunakan yaitu:

  • Metode Bercerita
  • Metode Bercakap-cakap
  • Metode tanya jawab
  • Metode pengucapan syair
  • Metode dramatisasi
  • Metode pemberian tugas
  • Metode praktik langsung
  • Metode menyanyi
  • Metode bermain
  • Metode wisata bermain
  • Metode kerja kelompok
  • Metode gerak dan lagu
  • Metode menari
  • Metode permainan musik
  • Metode senam
  • Metode atraktif.

Begitu pentingnya nilai bermain dalam kehidupan anak TK dan KB, pemanfaatan unsur bermain dalam setiap melaksanakan metode pembelajaran bahasa Arab tersebut telah menjadi unsur yang harus ada, tidak bisa diabaikan.

Materi Bahasa Arab Anak TK

Dalam kitab “As-Siyasah” bab “Siyasatu Ar-Rojuli Waladahu” (teknik orang tua dalam mendidik anaknya), Ibnu Sina berkata: Apabila anak sudah mengetahui prinsip-prinsip bahasa, barulah ia diajarkan hal-hal yang disesuaikan dengan watak dan kesanggupannya.

Pendapat Ibnu Sina tersebut diperkuat dengan perkataan Al-Mawardi dalam “Jami’ Bayani Al-Ilmi Wa Al-Fadllih, Juz 2: 86” supaya mengajarkan bahasa Arab kepada anak dengan pembelajaran yang ringan-ringan terlebih dahulu. Lebih lanjut, beliau, Al-Mawardi mengungkapkan bahwa kondisi yang layak untuk mengajarkan bahasa Arab kepada anak usia dini yaitu dengan memberikan apa yang dirasa paling mudah dan ringan terlebih dahulu dari apa yang ada di dalam buku, supaya anak tidak merasa terbebani dengan pembelajaran bahasa asing, seperti pembelajaran ilmu nahwu yang “njlimet” bagi anak yang bukan penutur aslinya.

Di antara pendekatan dalam pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa Arab, yang lazim digunakan antara lain:

  1. Maharat al-istima’ / listening skills (keterampilan mendengar).
  2. Maharat al-kalamiyyah / speaking skills (keterampilan berbicara).
  3. Maharat al-qira’ah / reading skills (keterampilan membaca).
  4. Maharat al-kitabah / writing skills (keterampilan menulis).

Keempat keterampilan tersebut merupakan aspek penting dalam belajar bahasa Arab untuk anak usia dini (TK dan KB). Karena keempatnya sangat menunjang dalam pencapaian keterampilan berbahasa yang tidak bisa diabaikan.

Berikut ini adalah beberapa materi bahasa Arab untuk anak TK yang diambil dari Modul Asyik Belajar Bahasa Arab yang mencakup keempat keterampilan berbahasa meliputi: mufrodat (kosakata), hiwar (percakapan), tamrinat (latihan soal), dan kitabah (latihan menulis).

Mufrodat (kosakata bahasa Arab)

Hiwar (percakapan bahasa Arab)

Tamrinat (latihan soal bahasa Arab)

Kitabah (latihan menulis bahasa Arab)

Open donation: Kami membuka donasi bagi siapapun yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk pengembangan situs web ini melalui laman; support kami
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar