Skip to main content

Belajar Bahasa Arab Untuk Anak PDF

Daftar Isi [ Tampil ]
Usia dini merupakan fase keemasan di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara pesat baik jasmani, rohani, psikis motorik, maupun kognitif sehingga anak cepat menerima stimulus dari luar. Di antara stimulus tersebut yaitu berupa perilaku dan tutur kata (bahasa). Stimulus bahasa ini dalam pertumbuhan dan perkembangan anak disebut dengan pemerolehan bahasa pertama atau bahasa Ibu.

Setelah mendapatkan bahasa pertamanya, selanjutnya anak akan mengalami proses pemerolehan bahasa kedua (bahasa asing), atau yang disebut dengan pembelajaran bahasa. Termasuk pembelajaran bahasa asing untuk anak yaitu bahasa Arab, yang dapat dikuasai melalui proses belajar yang dilakukan secara sengaja dan sadar.

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa internasional, bahasa Al-Qur'an, dan bahasa agama Islam yang digunakan sehari-hari dalam beribadah. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang kian canggih ini, kesadaran akan kebutuhan bahasa Arab pun mulai dirasakan oleh komponen masyarakat. Ditambah munculnya konten-konten lagu shalawat berbahasa Arab yang biasa didengarkan anak sehingga memunculkan kesadaran akan kebutuhan untuk mahir berbahasa Arab.

Sayangnya, meski kesadaran akan kebutuhan bahasa Arab untuk anak mulai meningkat, tetapi tak sedikit orang tua anak yang mengklaim bahasa Arab sebagai bahasa yang sungkar dipahami. Hal tersebut memang sebuah keniscayaan, tidak bisa dipungkiri namun bisa disiasati. Maka pembelajaran bahasa Arab untuk anak seharusnya bukan sekedar menyampaikan materi yang banyak secara tuntas tanpa memperhatikan aspek psikologis sang anak. Sehingga, model pembelajaran bahasa Arab anak usia dini pun hendaknya harus berpegang pada prinsip pembelajaran bahasa Arab yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Di antara model pembelajaran bahasa Arab untuk anak yang dapat digunakan guru dan/atau orang tua dalam meningkat penguasaan bahasa Arab anak yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Kebutuhan akan media ini juga beragam, salah satunya adalah dengan menggunakan media buku bahasa Arab yang memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri di luar jam pelajaran menurut kemampuan dan minat yang dimiliki.

Oleh karena itulah di sini kami akan membagikan buku belajar bahasa Arab untuk anak sebagai media pembelajaran yang berjudul "Modul Asyik Belajar Bahasa Arab Jilid 1", karya Muallim Al-Mahmudi yang diterbitkan oleh QDR Publishing. Buku ini sangat cocok digunakan sebagai media belajar bahasa Arab untuk anak. Materi yang disajikan adalah materi bahasa Arab dasar berupa mufrodat (kosakata), hiwar (percakapan), tamrinat (latihan), dan kitabah (menulis) sebagai persiapan anak untuk menerima pelajaran-pelajaran bahasa Arab ketika masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, buku belajar bahasa Arab untuk anak ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang semakin menarik minat belajar anak.

Beberapa contoh materi dan latihan dalam Modul Asyik Belajar Bahasa Arab Jilid 1 adalah sebagai berikut ini!

Mufrodat (kosakata)

Hiwar (percakapan)

Tamrinat (latihan soal)

Kitabah (latihan menulis)

Untuk mendownlad Modul Asyik Belajar Bahasa Arab Jilid 1 silahkan ikuti tautan di bawah ini:

Modul Asyik Belajar Bahasa Arab Jilid 1

Open donation: Kami membuka donasi bagi siapapun yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk pengembangan situs web ini melalui laman; support kami
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar