Skip to main content

Cara Mudah Membuat Isim Mufrad Menjadi Tasniyah dan Jamak

Table of Content [ ]
Nahwushorof.ID - Dilihat berdasarkan bilangannya, kalimah isim dalam bahasa Arab dibagi menjadi tiga macam, yaitu mufrad, tasniyah, dan jamak. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai ketiga istilah tersebut, dan bagaimana cara membuat isim mufrad menjadi tasniyah dan jamak dengan cepat dan mudah.

Pengertian Isim Mufrad, Tasniyah, dan Jamak

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai cara mengubah isim mufrad menjadi tasniyah dan jamak, mari kenali terlebih dahulu apa itu isim mufrad, tasniyah/mutsanna, dan jamak dalam kaidah bahasa Arab.

Isim mufrad adalah kata benda yang tidak bermakna ganda atau jamak. Dengan kata lain isim mufrad merupakan isim yang menunjukkan kepada makna tunggal. Contohnya seperti kata “مُسْلِمٌ/مُسْلِمَةٌ” (muslim/muslimah), “أَسَدٌ” (singa), dan “كِتَابٌ” (buku).

Sedangkan yang dimaksud isim tasniyah atau mutsanna adalah kata yang menunjukkan makna ganda, ditandai dengan adanya tambahan huruf alif+nun ketika rafa’ dan ya+nun ketika nashab dan jar.

Contohnya seperti kata “مُؤْمِنَانِ” ketika menduduki tempat rafa', dan “مُؤْمِنَيْنِ” ketika nashab dan jar, artinya dua orang yang beriman.

Adapun pengertian isim jamak yaitu kata benda yang menunjukkan kepada makna lebih dari dua atau tiga ke atas. Dalam bahasa Arab, isim jamak dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

  1. Jamak mudzakkar salim adalah isim jamak untuk jenis laki-laki dengan tambahan huruf wawu+nun ketika rofa’ dan ya+nun ketika nashob dan jer. Contoh ketika rofa’ seperti “مُؤْمِنُونَ”, dan “مُؤْمِنِيْنَ” untuk keadaan nashob dan jer.
  2. Jamak muannats salim adalah isim jamak untuk jenis perempuan yang ditandai dengan huruf tambahan alif+ta’ di akhir kalimahnya. Contohnya seperti “مُسْلِمَاتٌ/مُسْلِمَاتٍ” (orang-orang muslimah), harokat dhommah untuk keadaan rofa’ dan kasrah untuk keadaan nashob dan jar.
  3. Jamak taksir adalah isim jamak yang dapat digunakan baik untuk mudzakkar maupun muannats dengan memakai pola kalimat khusus (tidak menggunakan aturan baku). Contohnya kata “كُتُبٌ” (kitab-kitab), “رِجَالٌ” (para lelaki), dan “طُلَّابٌ” (para murid).

Cara Membuat Isim Mufrad Menjadi Tasniyah dan Jamak

Setelah mengetahui pengertian dari ketiga jenis isim yang dilihat berdasarkan bilangannya. Berikut adalah cara membuat isim mufrad menjadi tasniyah dan jamak dengan rumus cepat dan mudah.

1. Cara membuat isim tasniyah/mutsanna

  • Menambahkan huruf alif+nun (aani) saat menempati kedudukan rofa’. Contohnya “قَلَمٌ” (pulpen) menjadi “قَلَمَانِ” (dua pulpen).
  • Menambahkan huruf ya+nun (aini) ketika nashob atau jar, dan huruf yang terjatuh sebelum huruf tambahan dibaca fathah. Contohnya kata “كِتَابٌ” (buku) menjadi “كِتَابَيْنِ” (dua buku).

2. Cara membuat jamak mudzakkar salim

  • Memakai tambahan huruf wawu+nun ketika rofa’.  Contohnya “مُرْسِلٌ” (pengutus) menjadi “مُرْسِلُونَ” (para pengutus).
  • Menambahkan huruf ya+nun ketika nashob atau jar, dan huruf yang terjatuh sebelum huruf tambahan dibaca kasroh. Contohnya “مُحْسِنٌ” (penyumbang) menjadi “مُحْسِنِيْنَ” (para penyumbang).

3. Cara membuat jamak muannats salim

  • Menambahkan huruf tambahan berupa alif+ta’ di akhir kalimahnya, baik keadaan rofa’, nashob, dan jar. Contohnya kata “مُسْلِمَةٌ” (seorang muslimah) menjadi “مُسْلِمَاتٌ” (para muslimah).
  • Ketika rofa’ huruf ta’ dibaca dhommah, seperti kata “مُسْلِمَاتٌ”.
  • Ketika nashob dan jar huruf ta’ dibaca kasroh, seperti kata “مُسْلِمَاتٍ”.

4. Cara membuat jamak taksir

Untuk dapat membuat perubahan pada isim mufrad menjadi jamak taksir, mau tidak mau para pelajar harus menghafalkan pola kalimat yang menjadi patokan dalam bab jamak taksir. Seperti “كُتُبٌ” (mengikuti wazan ‘فُعُلٌ’), “طُلَّابٌ” (mengikuti wazan ‘فُعَّالٌ’), “رِجَالٌ” (mengikuti wazan ‘فِعَالٌ’), dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara membuat isim tasniyah dan jamak dari bentuk mufrad. Agar lebih mudah memahaminya, para pelajar dapat memperhatikan perubahan isim mufrad ke bentuk tasniyah dan jamak dalam tabel berikut.

Mufrad Tasniyah
مُسْلِمٌ مُسْلِمَانِ
مُسْلِمَيْنِ
Tabel 2.1 Rumus Perubahan Isim Tasniyah
Mufrad Jamak Mudzakkar/Muannats
مُسْلِمٌ مُسْلِمُوْنَ
مُسْلِمِيْنَ
مُسْلِمَةٌ مُسْلِمَاتٌ
مُسْلِمَاتٍ
Tabel 2.2 Rumus Perubahan jamak mudzakkar/muannats salim
Mufrad Jamak Taksir
كِتَابٌ كُتُبٌ
قَلَمٌ أَقْلَامُ
Tabel 2.3 Rumus Perubahan Isim Jamak Taksir
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar