Skip to main content

Buku Shorof Lengkap PDF untuk Pemula Belajar Bahasa Arab

Table of Content [ ]
Buku Shorof Lengkap PDF-, adalah sebuah buku yang membicarakan perubahan kata dalam bahasa Arab menggunakan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami untuk pemula. Shorof adalah pengetahuan untuk menganalisis suatu kata berbahasa Arab saat pada kondisi berdiri sendiri (mufrad). Pembahasannya mencakup pembentukan kata dan ketentuan-ketentuan perubahannya menjadi kata-kata baru sebagai turunan dari sebuah kata berbahasa Arab. Dalam tata bahasa Indonesia, ilmu shorof kerap disebutkan dengan istilah morfologi.

Ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan mempelajari ilmu shorof, di antaranya seperti:

  1. Memudahkan mencari makna kata berbahasa Arab dalam kamus Arab-Indonesia sehingga pemanfaatan kamus menjadi maksimal.
  2. Dapat memprediksi dan menentukan makna kata yang tidak didapati dalam kamus sehingga meminimalisir ketergantungan pada kamus.
  3. Meningkatkan kemampuan memberi harakat pada kalimat berbahasa Arab dan sanggup menerjemahkan secara baik dan benar.
  4. Membantu mengetahui bentuk dasar suatu kata beserta perubahan-perubahannya.

Jadi, ilmu shorof atau yang biasa disebut ilmu tashrif sangat penting untuk dipelajari. Begitu pentingnya mempelajari ilmu shorof, sampai-sampai para ulama mengalegorikan keilmuan ini sebagai "Ummul 'Ilmi" (artinya: ibunya ilmu) dan ilmu nahwu menjadi "Abul 'Ilmi" (artinya: bapaknya ilmu).

Mengapa demikian? karena ilmu shorof serupa dengan seorang ibu dari segi melahirkan. Jika ibu melahirkan anak-anaknya, maka shorof melahirkan kata-kata berbahasa Arab. Dengan kata lain semua pengetahuan membutuhkan ilmu shorof, karena secara metaforis dengan mengetahui keilmuan ini, suatu akar kata memungkinkan dijadikan rahim kelahiran devirasi (proses pembentukan) kalimah atau kata yang bervariasi. Sedangkan ilmu nahwu (Abul 'Ilmi) berperan sebagai penanggung jawab dalam pemeliharaan kalimah yang sudah dilahirkan dan menjadi suatu kalam atau kalimat dalam pengertian Indonesia.

Segala puji bagi Allah, dalam rangka membantu pemula mempelajari, memahami, dan mencapai kebermanfaatan dari disiplin ilmu shorof, maktabah BISA telah menerbitkan sebuah buku berjudul "Ilmu Sharaf untuk Pemula" cetakan ketiga karya Abu Razin Al-Batawiy dan Ummu Razin Al-Jawiyah.

Baca juga: Buku Nahwu untuk Pemula PDF Lengkap

Sesuai judulnya "Ilmu Sharaf untuk Pemula", buku ini disusun menggunakan bahasa dan penjelasan yang disederhanakan dengan harapan dapat memudahkan para pemula memahami kaidah-kaidah tata bahasa Arab. Buku ini juga dilengkapi dengan rumus sakti dan contoh aplikatif disertai latihan soal yang diambil langsung dari Al-Qur'an.

Selain itu, metode yang ada pada buku shorof tersebut juga telah melalui uji coba kepada orang dengan latar belakang pendidikan yang berbeda. Hasilnya?, dalam delapan pertemuan (masing-masing 90 menit), alhamdulillah mereka mulai dari mahasiswa, pegawai kantoran, hingga dosen mampu menguasai materi shorof dasar tersebut.

Meski demikian, penulis buku "Ilmu Sharaf untuk Pemula" di akhir pengantarnya berpesan bahwa ini hanyalah awal dari perjalanan yang panjang menguasai bahasa Arab. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya komitmen yang kuat, kesabaran yang mendalam sampai betul-betul menguasainya.

Karena metode secepat apa pun itu, tidak akan berguna jika tidak disertai dengan komitmen dan niat tulus kita. Kebanyakan mereka yang gugur di tengah jalan dalam mempelajari bahasa Arab adalah orang-orang yang tidak istiqamah (konsisten) bermodalkan niat setengah-setengah. Maka jauhilah sifat-sifat seperti demikian itu !!

Ingin memiliki buku shorof lengkap versi PDF tersebut? Siap berkomitmen dan niat tulus belajar bahasa Arab? Hamdan Lillah, kini Saudara/i bisa memilikinya hanya dengan cara klik Download Buku Shorof Lengkap PDF karya Abu Razin dan Ummu Razin yang dilengkapi dengan rumus sakti untuk memahami perubahan kata (morfologi) bahasa Arab.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar