Skip to main content

Tasrif Shorof: Penjelasan Lengkap dengan Contoh dan Artinya

Table of Content [ ]
Nahwushorof.ID - Shorof merupakan cabang ilmu bahasa Arab yang secara khusus membicarakan tentang perubahan suatu kata atau kalimah. Perubahan bentuk kata tersebut dalam praktiknya disebut dengan tasrif. Oleh karena itu keilmuan ini dinamakan ilmu shorof, yang artinya perubahan atau berubah.

Kata tasrif dalam disiplin ilmu shorof merupakan istilah dasar yang wajib diketahui pemula. Lebih lanjut dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai tasrif shorof meliputi pengertian, jenis, macam, dan bagaimana penerapannya dalam kalimat bahasa Arab.

Pengertian Tasrif Shorof

Kata "tasrif" berasal dari bahasa Arab تصريف, artinya perubahan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),  tasrif berarti sistem perubahan bentuk kata untuk membedakan kasus, kala, jenis, jumlah, dan aspek. Bisa juga disebut dengan konjugasi, yang merujuk pada perubahan bentuk verba yang berhubungan dengan jumlah, jenis, kelamin, modus, dan waktu (terdapat pada bahasa fleksi).

Sejalan dengan hal tersebut, Ahmad Mufid dalam buku “Mudahnya Belajar Ilmu Shorof” menjelaskan, bahwa tasrif adalah perubahan bentuk kata sesuai dengan perbedaan kasus, waktu, jenis, kelamin, jumlah, atau situasi. Seperti perubahan kata dari tunggal menjadi ganda dan jamak; dari kata kerja lampau menjadi masa sekarang; atau perintah, dan lain sebagainya. Lebih lanjut mari pahami bagaimana perubahan kata dari berbagai segi dalam tabel berikut!

Pertama, perubahan dari segi jumlah:

Jamak Tasniyah Mufrad
مُسْلِمُونَ
Beberapa muslim
مُسْلِمَانِ
Dua muslim
مُسْلِمٌ
Muslim
جَلَسُوا
Mereka duduk
جَلَسَا
Dia berdua duduk
جَلَسَ
Dia duduk

Kedua, perubahan dari segi waktu:

Amr Mudhari Madhi
أُكْتُبْ
Menulislah
يَكْتُبُ
Sedang menulis
كَتَبَ
Telah menulis

Ketiga, perubahan dari segi jenis kelamin:

Muannats Mudzakkar
مُؤْمِنَةٌ
Perempuan mukmin
مُؤْمِنٌ
Laki-laki mukmin
تَكْتُبُ
Sedang menulis (pr)
يَكْتُبُ
Sedang menulis (lk)

Keempat, perubahan dari segi kasus:

Isim Alat Maf'ul Fa'il
مِفْتَاحٌ
Alat membuka
مَفْتُوحٌ
Yang dibuka
فَاتِحٌ
Yang membuka

Kelima, perubahan dari segi situasi:

Majhul Ma'lum
يُضْرَبُ
Sedang dipukul
يَضْرِبُ
Sedang memukul

Pembagian Tasrif Shorof

Dilihat berdasarkan susunan kata, tasrif shorof dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: tasrif istilahi dan tasrif lughawi.

1. Tasrif Istilahi

Tasrif istilahi adalah perubahan bentuk kata yang didasarkan pada perbedaan bentuk katanya. Seperti perubahan dari fi'il madhi ke dalam bentuk mashdar, dari isim fa'il menjadi isim maf'ul, dab begitu seterusnya. Supaya lebih memahaminya, perhatikan contoh tasrif istilahi untuk kata كَتَبَ (menulis) berikut ini:

كَتَبَ – يَكْتُبُ – أُكْتُبْ – كِتَابًا – كَاتِبٌ – مَكْتُوبٌ – مَكْتَبٌ

2. Tasrif Lughawi

Tasrif lughawi adalah perubahan kata yang didasarkan pada perubahan jumlah dan jenis pelakunya. Seperti perubahan dari fi’il mudhari untuk tunggal (mufrad) ke bentuk jamak, dari isim fa’il untuk laki-laki (mudzakkar) menjadi isim fa’il untuk perempuan (muannats).

Perhatikan contoh tasrif lughawi untuk kata جَلَسَ (duduk) dalam tabel berikut ini!

Artinya Tasrif
Dia duduk (lk 1) جَلَسَ
Dia berdua duduk (lk 2) جَلَسَا
Mereka duduk (lk >2) جَلَسُوا
Dia duduk (pr 1) جَلَسَتْ
Dia berdua duduk (pr 2) جَلَسَتَا
Mereka duduk (pr >2) جَلَسْنَ
Kamu duduk (lk 1) جَلَسْتَ
Kamu berdua duduk (lk2) جَلَسْتُمَا
Kalian duduk (lk >2) جَلَسْتُم
Kamu duduk (pr 1) جَلَسْتِ
Kamu berdua duduk (pr2) جَلَسْتُمَا
Kalian duduk (pr >2) جَلَسْتُنَّ
Saya duduk جَلَسْتُ
Kita duduk جَلَسْنَا

Penutup

Itulah penjelasan tentang tasrif shorof meliputi pengertian dan pembagian berdasarkan jenis beserta contoh penggunaannya dalam kalimat.

Dari sini dapat dipahami, bahwa shorof atau tasrif merupakan cabang ilmu bahasa Arab yang penting untuk diketahui bagi penggiat bahasa Arab. Karena dengan mempelajari tasrif, seseorang menjadi tahu kata mana yang mengalami perubahan sehingga tepat dalam mengartikannya. Dengan mempelajari tasrif pula seseorang bisa mengubah kata dari satu bentuk ke bentuk lainnya untuk mendapatkan makna yang berbeda sesuai dengan yang dikehendaki.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar