Skip to main content

Tasrif Shorof Lengkap PDF Istilahi dan Lughawi

Daftar Isi [ Tampil ]
Tasrif Shorof PDF Lengkap Istilahi dan Lughawi - Ilmu shorof merupakan disiplin ilmu yang membicarakan tentang perubahan suatu kata dalam tata bahasa Arab. Shorof atau yang lebih populer dengan istilah tasrif memiliki ruang lingkup bagaimana suatu kata itu terbentuk, apakah terdiri dari huruf-huruf yang shahih atau tidak, kata tersebut mengikuti wazan apa, dan lain sebagainya yang masih berkaitan dengan kata. Artinya, lingkup pembahasan ilmu shorof atau tasrif tidak keluar dari sebuah kata (kata sebagai individu).

Suatu kata dalam bahasa Arab memiliki patokan standar, patokan ini yang kemudian disebut dengan wazan. Adapun kata yang mengikutinya disebut mauzun.

Dalam kamus bahasa Arab modern "Mu'jam Al-Lughah Al-Arabiyyah Al-Mu'ashirah" yang dimaksud ilmu shorof adalah:

الصَّرْفُ هُوَ عِلْمٌ يُعْرَفُ بِهِ أَبْنِيَةُ الكَلَامِ وَاشْتِقَاقِهِ

Artinya: "Shorof adalah ilmu yang dengannya diketahui struktur kalimat dan asal-usul katanya".

Dari pengertian di atas, bisa dikatakan bahwa ilmu shorof tidak hanya membicarakan perubahan bentuk kalimah saja, namun juga keadaan suatu bina' yang mencakup jumlah huruf dan harakatnya. Proses perubahan bentuk kata itulah yang disebut dengan istilah tasrif, yang berarti perubahan.

Contohnya seperti:

عَلِمَ ـ يَعْلَمُ ـ عِلْمًا ـ عَالِمٌ ـ مَعْلُوْمٌ ـ إِعْلَمْ ـ لَا يَعْلَمْ

Perhatikan tashrif shorof di atas. Misal kita hendak membuat susunan kalimat (kalam) dengan kata kerja lampau, maka kata yang tepat adalah عَلِمَ (telah mengetahui). Jika ingin menunjukkan kepada masa sekarang atau yang akan datang maka menggunakan kata يَعْلَمُ (sedang/akan mengetahui), dan begitu seterusnya.

Ada dua macam tashrif dalam ilmu shorof, yaitu: 1) tashrif istilahi, merupakan perubahan kata ke bentuk lainnya secara horisontal, 2) tashrif lughawi, adalah perubahan kata secara vertikal (dari atas ke bawah atau sebaliknya).

Lebih lanjut mengenai tashrif istilahi dan lughawi, silahkan pelajari dan hafalkan wazan dan mauzun dalam kitab Amsilatut Tashrifiyyah karya KH. M. Ma'shum bin Ali berikut ini !!!

Download: Kitab Amsilatut Tashrifiyyah

Open donation: Kami membuka donasi bagi siapapun yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk pengembangan situs web ini melalui laman; support kami
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar